Email

Sebelum Anda mengikuti petunjuk di bawah ini, pastikan Anda telah membuka halaman cPanel Anda. Apabila Anda belum mengetahui alamat cPanel Anda, silakan pihak hosting anda atau temukan alamat cPanel Anda di email konfirmasi yang pertama Anda terima ketika mendaftarkan accountnya.

WEB MAIL

Untuk penggunaan web mail, silakan kembali ke kategori utama dan click di bagian “Web Mail”

E-MAIL DOMAIN FORWARDING

E-Mail Domain Forwarding berfungsi untuk mengalihkan semua email dari domain yang satu ke domain yang lain. Sebagai contoh: jika Anda mengalihkan email dari jalan.com ke rumah.com, maka semua email yang dikirim ke nama@jalan.com akan dikirimkan ke nama@rumah.com (misalnya: gembel@jalan.com akan dikirimkan ke gembel@rumah.com).

  • Cara membuat E-Mail Domain Forwarding baru:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”
    2. Click di: “E-Mail Domain Forwarding”
    3. Click di: “Add Domain Forwarder”
    4. Masukkan “nama domain” yang akan dituju, kemudian click tombol: “Add Domain Forwarder”
    5. Selesai
  • Cara menghapus E-Mail Domain Forwarding yang telah ada:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click di: “E-Mail Domain Forwarding”
    3. Pilih E-Mail Domain Forwarding yang ingin Anda hapus, kemudian click di: “Delete”
    4. Selesai

Anda dapat membuat beberapa E-Mail Domain Forwarding dengan 1 nama domain yang Anda miliki.

E-MAIL POP3

POP3 adalah fasilitas untuk membaca email melalui software e-mail seperti: Outlook Express, Eudora, Netscape Mail dan sebagainya. Berikut ini adalah petunjuk penggunaan e-mail POP3:

  • Membuat account e-mail POP3 baru:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Manage/Add/Remove Accounts”
    3. Click: “Add Account”
    4. Masukkan alamat e-mail yang Anda inginkan, password baru e-mail Anda & quota (kapasitas email, misalnya 10 Meg)
    5. Click: “Create”
    6. Selesai
  • Menghapus account e-mail POP3 yang telah ada:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Manage/Add/Remove Accounts”
    3. Pilih “Delete” pada account yang hendak dihapus, setelah itu pilih “Yes”.
    4. Selesai
  • Mengubah kapasitas e-mail POP3 yang telah ada:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Manage/Add/Remove Accounts”
    3. Pilih: “Change Quota”
    4. Masukkan kapasitas e-mail baru (misalnya 20 megs), kemudian click: “Change”
    5. Selesai
  • Mengubah password e-mail POP3 yang telah ada:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Manage/Add/Remove Accounts”
    3. Click: “Change Password”, kemudian masukkan password baru Anda & click: “Change”
    4. Selesai.
  • Petunjuk instalasi e-mail POP3 ke Outlook Express Anda:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Manage/Add/Remove Accounts”

      1. Click: “Outlook(Express) Autoconfig”, setelah itu secara otomatis Anda akan dapat mendownload sebuah file yang bernama “email.reg”.
      2. Setelah file email.reg selesai didownload, silahkan double click file tersebut & kemudian jalankan software Outlook Express Anda.
      3. Selesai
        • Petunjuk instalasi e-mail POP3 untuk software email lainnya (selain Outlook Express, misalnya Eudora, Netscape Mail, the Bat, dsbnya):
          1. Jika Anda menambahkan email: info@domainanda.com, gunakan setting berikut ini untuk software email Anda:POP3 Incoming Server: domainanda.com (masukkan nama domain Anda)
            Username POP3: info@domainanda.com
            Password: password yang Anda masukkan ketika di cPanel
          2. Selesai
        • Untuk mengetahui jumlah space yang telah digunakan e-mail Anda:
          1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
          2. Click: “Manage/Add/Remove Accounts”
          3. Click: “Show Disk Space Used”, jumlah space yang digunakan di setiap account e-mail Anda akan tampil
          4. Selesai.

DEFAULT ADDRESS/E-MAIL CATCH ALL

Defaut Address/E-Mail Catch All adalah e-mail yang berfungsi untuk menampung semua email yang tidak valid atau email yang tidak pernah dibuat.

Sebagai contoh: Anda telah membuat 3 buah email misalnya: marketing@domainanda.com, info@domainanda.com & finance@domainanda.com dan kemudian ada pelanggan Anda yang mengirimkan e-mail ke sales@domainanda.com, maka email tersebut akan mental (tidak diterima, dikembalikan ke pengirim) berhubung email address tersebut tidak pernah dibuat (tidak valid). Dengan memanfaatkan fasilitas “Default Address/E-Mail Catch All” ini maka semua email yang tidak valid tersebut dapat dialihkan ke salah satu alamat e-mail Anda (misalnya: trash@domainanda.com) .

  • Cara membuat e-mail Catch All:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Default Address”
    3. Click: “Set Default Address”, kemudian masukkan alamat e-mail yang akan menampung email yang tidak valid tsb.
    4. Click: “Change”
    5. Selesai
  • Cara menon-aktifkan e-mail Catch All:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Default Address”
    3. Click: “Set Default Address”, kemudian pilih domain/subdomain yang ingin di non-aktifkan
    4. Pada field “to”, isi dengan kata :blackhole: (untuk menonaktifkan e-mail Catch All) atau masukkan :fail: no such address here (untuk mengembalikan semua e-mail yang tidak valid ke pengirimnya)
    5. Selesai

E-MAIL AUTORESPONDER

E-Mail Autoresponder berfungsi sebagai penjawab e-mail otomatis. Sebagai contoh: jika pelanggan Anda mengirimkan e-mail ke e-mail autoresponder Anda, maka secara otomatis pelanggan Anda akan menerima e-mail balasan dari Anda (yang berisikan informasi yang telah Anda rancang sebelumnya).

Membuat E-Mail Autoresponder Baru:

  1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
  2. Click: “Autoresponders”
  3. Click: “Add Autoresponder”
  4. Kemudian isi informasi berikut ini:
    • Pada field “Email”, masukkan alamat e-mail autoresponder yang ingin Anda buat misalnya: info@domainanda.com
    • Pada field “From”, masukkan nama Anda (misalnya: Andi atau PT.ABC)
    • Pada field “Subject”, isi topik e-mail autoresponder Anda (misalnya: Informasi Produk Kami)
    • Pada field “Body”, masukkan pesan yang ingin Anda sampaikan ke pelanggan Anda
    • Click tombol: “Create/Modify”
  5. Selesai

Mengubah E-Mail Autoresponder yang telah ada:

  1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
  2. Click: “Autoresponders”
  3. Click: “Edit”
  4. Kemudian ubahlah informasi berikut ini:
    • Pada field “Email”, masukkan alamat e-mail autoresponder baru yang ingin Anda buat misalnya: info2@domainanda.com
    • Pada field “From”, masukkan nama baru (misalnya: Agus atau PT.XYZ)
    • Pada field “Subject”, isi topik baru e-mail autoresponder Anda (misalnya: Informasi Layanan Kami)
    • Pada field “Body”, masukkan pesan baru yang ingin Anda sampaikan ke pelanggan Anda
    • Click tombol: “Create/Modify”
  5. Selesai

Menghapus E-Mail Autoresponder yang telah ada:

  1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
  2. Click: “Autoresponders”
  3. Click: “Delete”
  4. Selesai

E-MAIL FILTERING

Berfungsi untuk menyaring e-mail yang tidak Anda inginkan.

Petunjuk instalasi:

  1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
  2. Click: “E-Mail Filtering”
  3. Click: “Add Filter”
  4. Pada drop-down menu “Filter”, silakan pilih satu jenis filter. Misalnya Anda ingin:
    • Menyaring alamat e-mail pengirim: pilih “From”.
      Sebagai contoh, jika Anda ingin memblokir/menyaring pengirim dengan alamat email: spammer@domainanda.com:

      1. Pilihlah “From” pada drop-down menu sebelah kiri
      2. Pilihlah “contains” pada drop-down menu kanan
      3. Pada field paling kanan, masukkanlah: spammer@domainanda.com
      4. Pada field “Destination”, isi dengan Discard apabila Anda ingin memblokir e-mail dari pengirim tersebut. Atau jika Anda ingin mengalihkan e-mail tersebut ke email Anda yang lain (misalnya: filter@domainanda.com), silakan gantikan “Discard” dengan: filter@domainanda.com
      5. Click tombol: “Activate”
    • Menyaring topik e-mail, “Subject”. Sebagai contoh, jika Anda ingin memblokir/menyaring email dengan topik: “drugs”
      1. Pilihlah “Subject” pada drop-down menu sebelah kiri
      2. Pilihlah “contains” pada drop-down menu kanan
      3. Pada field paling kanan, masukkanlah: drugs
      4. Pada field “Destination”, isi dengan Discard apabila Anda ingin memblokir e-mail dengan topik seperti di atas. Atau jika Anda ingin mengalihkan e-mail tersebut ke email Anda yang lain (misalnya: filter@domainanda.com), silakan gantikan “Discard” dengan: filter@domainanda.com
      5. Click tombol: “Activate”
    • Menyaring alamat e-mail yang dituju: pilih “To” Sebagai contoh, jika Anda ingin memblokir/menyaring email yang ditujukan: anyone@domainanda.com
      1. Pilihlah “To” pada drop-down menu sebelah kiri
      2. Pilihlah “contains” pada drop-down menu kanan
      3. Pada field paling kanan, masukkanlah: anyone@domainanda.com
      4. Pada field “Destination”, isi dengan Discard apabila Anda ingin memblokir e-mail yang ditujukan ke: anyone@domainanda.com. Atau jika Anda ingin mengalihkan e-mail tersebut ke email Anda yang lain (misalnya: filter@domainanda.com), silakan gantikan “Discard” dengan: filter@domainanda.com
      5. Click tombol: “Activate”
    • Menyaring isi/pesan email: pilih “Body” Sebagai contoh, jika Anda ingin memblokir/menyaring email yang dengan pesan: Greetings from e-MLM!
      1. Pilihlah “Body” pada drop-down menu sebelah kiri
      2. Pilihlah “contains” pada drop-down menu kanan
      3. Pada field paling kanan, masukkanlah: Greetings from e-MLM
      4. Pada field “Destination”, isi dengan Discard apabila Anda ingin memblokir e-mail yang berisi pesan tsb. Atau jika Anda ingin mengalihkan e-mail tersebut ke email Anda yang lain (misalnya: filter@domainanda.com), silakan gantikan “Discard” dengan: filter@domainanda.com
      5. Click tombol: “Activate”
    • Menyaring header e-mail: pilih “Header”
    • Menyaring semua e-mail yang dikenali software SpamAssasin sebagai spam: pilih “SpamAssassin Spam Header”
  5. Selesai

MAIL FORWARDER

E-Mail Forwarder berfungsi untuk mengalihkan sebuah alamat email ke mailbox yang lain

Anda dapat mengalihkan misalnya email: sales@domainanda.com ke agus@domainanda.com & andi@domainanda.com, dstnya. Setiap kali seseorang mengirimkan e-mail ke sales@domainanda.com, maka e-mail tersebut akan diterima oleh agus@domainanda.com & andi@domainanda.com juga.

Petunjuk Instalasi:

  1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
  2. Click: “Forwarders”
  3. Click: “Add Forwarder”
  4. Pada field sebelah kiri, masukkan alamat e-mail asal (misalnya: sales@domainanda.com) dan pada field sebelah kanan, masukkan alamat e-mail yang dituju (misalnya: andi@domainanda.com). Dengan demikian setiap kali ada pengiriman email ke sales@domainanda.com, maka e-mail tersebut akan diteruskan ke andi@domainanda.com
  5. Click tombol: “Add Forwarder”
  6. Selesai

MAILING LISTS

Mailing Lists (milis) adalah e-mail berantai yang biasanya digunakan untuk grup diskusi (sebagai contoh: yahoogroups.com), di mana satu anggota milis mengirimkan e-mail maka seluruh anggota milis tersebut akan menerima e-mail tersebut. Fasilitas Mailing Lists hanya tersedia untuk paket hosting tertentu.

  • Petunjuk instalasi:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Mailing Lists”
    3. Click: “Add Mailing List”
    4. Masukkan nama Mailing List yang Anda inginkan
    5. Masukkan password baru yang akan digunakan untuk mengelola milis Anda
    6. Click tombol: “Create”
    7. Selesai
  • Pengelolaan milis Anda:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Mailing Lists”
    3. Click: “Edit”, akan muncul jendela baru berisi halaman yang memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasikan milis Anda.
  • Cara menghapus milis yang telah ada:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Mailing Lists”
    3. Click: “Delete”
    4. Selesai
  • Cara mengubah password milis yang telah ada:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Mailing Lists”
    3. Click: “Change Pass”
    4. Masukkan password baru untuk milis Anda
    5. Click tombol: “Change”
    6. Selesai

SPAM ASSASSIN

Spam Assassin adalah penyaring e-mail yang secara otomatis memeriksa header e-mail dan body e-mail dan kemudian menandai email-email yang dicurigia sebagai e-mail spam (spam adalah e-mail yang berisi iklan/promosi yang tidak kita butuhkan atau dikirim ke Anda secara berulang-ulang). Email-email yang dikenali tersebut selanjutnya akan disaring oleh software yang terinstall di komputer user. Untuk informasi selengkapnya tentang Spam Assassin, silakan kunjungi: http://www.spamassassin.org

  • Cara mengaktifkan Spam Assassin:
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Spam Assassin”
    3. Click tombol: “Enable Spam Assassin”
    4. Selesai
  • Cara menon-aktifkan Spam Assassin
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Spam Assassin”
    3. Click tombol: “Disable Spam Assassin”
    4. Selesai
  • Cara menkonfigurasi Spam Assassin
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Spam Assassin”
    3. Click tombol: “Configure Spam Assassin (required to rewrite subjects)”, silakan konfigurasikan sesuai kebutuhan Anda
    4. Selesai
  • Cara membersihkan Spam Box
    1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
    2. Click: “Spam Assassin”
    3. Click tombol: “Clear Spam Box”
    4. Selesai

Apabila Anda mengaktifkan fasilitas “Spam Box”, maka semua e-mail yang ditandai Spam Assassin sebagai e-mail spam akan dialihkan ke sebuah mailbox yang bernama: “spam”. Anda dapat dengan mudah membaca mailbox tersebut dengan menggunakan e-mail POP3. Tambahkan saja kata: /spam di belakang login POP3 Anda (sebagai contoh: user@domainanda.com/spam).

TRACE AN E-MAIL ADDRESS

Fungsinya untuk melihat informasi mailserver dari email address tertentu.

    Cara pengoperasian:

  1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
  2. Click: “Trace An E-Mail Address”
  3. Masukkan alamat e-mail Anda dan click: “Show Route”
  4. Selesai

MODIFY MAIL EXCHANGER (MX ENTRY)

    Cara pengoperasian:

  1. Silahkan login ke “cPanel”, kemudian click icon: “Mail”.
  2. Click: “Modify Mail Exchange (MX Entry)”
  3. Click: “Change an MX Entry”
  4. Masukkan nama domain yang akan digunakan sebagai tujuan MX tersebut
  5. Selesai

Pengubahan MX ini hanya dianjurkan kepada Anda yang sanggup mengoperasikannya. Kesalahan input MX ini dapat menyebabkan email Anda mental dari server ini.

comments (2)

Track comments via RSS 2.0 feed. Feel free to post the comment, or trackback from your web site.

  1. May 12, 2011 | Bambang Dewantara

    Dear Tim Support
    saya menggunakan cpanel untuk membuat mailist, tetapi sering terjadi informasi bonching kepada salah satu email member mailist, bagaimana caranya untuk tidak terjadi bounch dari mailman? dan bagaimana caranya menghilangkan attachment dari digest? karna setiap kali mengirimkan email ke mailist selalu ada lampiran yang berextention *.txt
    Terima kasih atas supportnya, kami tunggu pencerahannya.
    BD

  2. May 12, 2011 | gembel

    apakah sudah di setting dengan benar pak? dan kalau erornya bagaimana….

Leave a Comment