Perubahan Port SMTP Speedy/Telkom

Sehubungan dengan maraknya penyebaran virus dan spam belakangan ini melalui jaringan TELKOM, maka kami akan melakukan kebijakan berkaitan dengan pengelolaan dan pengendalian lalu lintas email.

Perlu diketahui bahwa saat ini jaringan TELKOM menjadi target para spammers dan hackers untuk menyebarkan virus dan spam melalui protokol SMTP. Sebagaimana telah direkomendasikan oleh MAAWG (Messaging Anti Abuse Working Group) bahwa para ISP agar melakukan penutupan outbound port SMTP (25/TCP) dan menyediakan SMTP Relay dengan menggunakan port MSA (587/TCP). Port MSA ini merupakan port alternatif yang diatur dalam RFC2476.

Dengan kebijakan ini, maka semua lalu lintas email akan dikelola dan dikendalikan melalui SMTP TELKOM yang mendukung antivirus dan antispam. Dengan demikian, diharapkan adanya kenyamanan dan keamanan menggunakan layanan akses internet TELKOM, antara lain :

– Melakukan filter spam, mencegah penyebaran virus dan tindakan penyalahgunaan lain.
– Memperbaiki tingkat keberhasilan pengiriman email, dengan terhindar dari blacklist dan konten internet.
– Mengurangi utilitas bandwitdh yang disebabkan oleh lalulintas spam dan virus
– Memonitor dan mengatur lalu lintas email per pelanggan, sehingga dapat diantisipasi lebih dini.
– Mengurangi tingkat pengiriman spam secara global.

Melalui kebijakan ini, layanan SMTP yang digunakan tidak berubah fungsi, dan dengan melakukan sedikit perubahan pada setting di MUA (Mail Client) maupun MTA (mail server) maka tidak akan menimbulkan dampak terhadap pengguna.

Cara melakukan perubahan setting pada MUA dengan menggunakan port MSA, dapat dilihat pada bagian berikutnya dari tulisan ini. Sedangkan bagi yang menggunakan Mail Server dapat berkonsultasi dengan penyedia aplikasi mail server masing-masing.

Peraturan yang harus ditaati pelanggan :

– Tidak diperbolehkan mengirimkan email ke banyak penerima, secara otomatis tanpa persetujuan / konfirmasi penerima email.
– Tidak diperbolehkan mengirimkan email tanpa header yang sah, atau dipalsukan.
– Tidak diperbolehkan mengirimkan email yang berisi nama domain yang tidak valid, baik di From atau Reply-To header.
– Tidak diperkenankan untuk menyembunyikan atau mengaburkan informasi identitas asal email yang asli.
– Tidak diperkenankan untuk menyembunyikan atau mengaburkan informasi identitas asal email yang asli.
– Tidak diperbolehkan mengirimkan email yang berisi informasi palsu atau menyesatkan pada subject atau body.

Cara setting email client :

1) Microsoft Outlook 2003

Buka Ms Outlook
Klik menu Tools, dan pilih E-mail Accounts
Pilih E-mail | view or change existing e-mail accounts, klik Next
Tentukan e-mail account dan klik Change
Pada menu Internet E-mail Settings (POP3), klik More Settings
Pilih TAB Advanced, ubah port Outgoing server (SMTP) ke port 587
Klik OK, klik Next, lalu Finish
Selesai

2) Outlook Express 2003

Buka OE
Klik menu Tools, pilih Accounts
Klik TAB Mail, pilih account dan klik Properties.
Klik TAB Advanced, edit Server Port Number. Pada Outgoing mail (SMTP) ubah port menjadi 587, klik OK, pada Internet Account klik Close
Selesai

3) Thunderbird

Buka Thunderbird
Pilih menu Tools | klik Account Settings
Pilih menu Outgoing Server (SMTP), klik Edit
Pada setting SMTP Server, ganti port menjadi 587. Klik OK
Klik sekali lagi, dan selesai.

4) Eudora (versi 6.2)

Pilih menu Tools > Options ..
Pilih icon “Getting Started” untuk tampilan setting global (bisa juga di icon “Checking Mail” dan “Sending Mail”).
Setting SMTP Server (Outgoing) : smtp.telkom.net.
Untuk Mail Server (incoming) : tidak ada perubahan
Buka folder system Eudora di … > Qualcomm > Eudora > extrastuff.
Temukan file “esoteric.epi”,
Kemudian pindahkan ke folder … > Qualcomm > Eudora >
Pilih menu Tools > Options .. Akan muncul icon “Port” pada Options.
Klik icon “Port” kemudian ubah setingan SMTP Port (25) : 587
Selesai

5) Eudora (versi 7)

Pilih menu Tools > Options ..
Pilih icon “Getting Started” untuk tampilan setting global (bisa juga di icon “Checking Mail” dan “Sending Mail”).
Setting SMTP Server (Outgoing) : smtp.telkom.net.
Untuk Mail Server (incoming) : tidak ada perubahan
Klik icon “Sending Mail” kemudian check “Use submission port (587)”
Selesai

http://telkomspeedy.com/setting-mail#cara-setting-pada-mail-client

http://www.telkomspeedy.com/index.php/main/speedy/announcement.html

comments (0)

Track comments via RSS 2.0 feed. Feel free to post the comment, or trackback from your web site.

Currently there are no comments related to article "Perubahan Port SMTP Speedy/Telkom". You have a special honor to be the first commenter. Thanks!

Leave a Comment