Menginstal Joomla!

Pada tulisan terdahulu kita telah mengetahui apa itu Content Management System (CMS), penggolongan CMS dan beberapa jenis CMS. Tulisan berikut merupakan ringkasan dari banyak sumber, sebagai bahan referensi kita untuk mengenal lebih dekat salah satu CMS yang populer saat ini yaitu Joomla!

Jika anda baru mengenal Joomla! Bersiap-siaplah anda untuk berdecak kagum atas kehandalan CMS ini. Berkali-kali Joomla! Memperoleh penghargaan, komunitasnya pun banyak dan anda tidak akan menyesal mempelajari dan menggunakan Joomla! Dengan menggunakan Joomla!, banyak ‘ritual’ pemrograman web yang tidak perlu kita kerjakan. Semua tersedia dan anda tinggal menggunakannya tanpa perlu belajar bahasa pemrograman yang ‘njlimet‘.
Baiklah, saya tidak akan berpanjang lebar bercerita tentang Joomla! Pada tahap awal kita akan mencoba mencicipi kelezatan Joomla!, Untuk menikmatinya kita harus membuat Joomla ada di depan mata agar bisa dipandangi dan dicoba.
Joomla dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Jadi, untuk membuatnya kita harus menginstal PHP yang sekarang telah banyak tersedia paket aplikasi pendukung yaitu Apache, MySQL dan PHP. Ketiga aplikasi tersebut dapat anda instal menggunakan paket instalasi yang populer antara lain
Menginstal XAMPP di lokal server
Pada tulisan kali ini saya akan memberi contoh menggunakan paket aplikasi XAMPP dan menginstallnya di lokal server (di komputer yang anda gunakan saat ini). Dengan harapan, anda bisa bereksperimen sampai mahir, tanpa resiko, karena hanya menggunakan komputer kita saja (offline).
Berikut langkah-langkah menginstal XAMP di komputer anda :

  1. Download XAMPP installer dari link berikut http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html#641
  2. Pilih installer yang tersedia sesuai dengan operating system komputer anda.
  3. Instal file yang telah anda download sesuai dengan lankah-langkah yang muncul pada jendela wizard.
  4. Pada akhir instalasi akan muncul jendela command prompt yang menampilkan code script PHP. Tunggu beberapa saat, sampai jendela tersebut hilang.

Jika proses instalasi telah selesai akan muncul konfirmasi selesainya instalasi dan klik ok untuk menampilkan jendela XAMPP kontrol panel.Jika semua proses penginstalan telah selesai, berarti kita telah siap menginstal Joomla! di komputer kita.

Menginstal Joomla! di Lokal Server 
Setelah software pendukung telah kita instal, selajutnya kita sudah bisa menginstal Joomla di komputer lokal. Bisa sih kita langsung menginstalnya di server online, akan tetapi jika kita masih newbie saya menyarankan untuk menginstalnya di komputer kita dahulu. Ini menguntungkan kita karena :
  1. Tidak memerlukan koneksi internet, kita bisa bekerja offline.
  2. Kita bisa bereksperimen sekehendak kita tanpa takut dilihat orang lain jika terjadi kesalahan.
  3. Pekerjaan kita tidak terikat waktu, tidak khawatir orang tidak bisa mengakses web kita seperti pada saat online.
Sudah siap?…. Baiklah, untuk memulainya kita harus men-download paket Installer joomla. Berikut beberapa langkah yang perlu kita lakukan :
  • Download paket Installer joomla dari situs : http://www.joomla.org/download.html Pilih yang full package. Saat tulisan ini dibuat sudah sampai versi 1.5.9 (File zip 5.8 MB)
  • Jika sudah terdownload, ekstrak file zip tersebut ke sebuah folder misalnya Joomla.
  • Selanjutnya, buka folder yang sudah kita instal : XAMPP/htdocs dalam drive C. Kemudian copy folder Joomla  yang sudah terekstrak ke folder htdocs. Sehingga Pathnya menjadi : C:// XAMPP/htdocs/Joomla.

Jika anda menggunakan Wamp, copy seluruh file yang ada di Joomla dan paste ke dalam folder www yang ada di folder wamp. Sehingga Pathnya menjadi C:// wamp/www.

  • Jalankan browser web anda misalnya IE atau firefox, dan ketikan http://localhost/Joomla untuk pengguna XAMPP atau cukup http://localhost/ untuk pengguna wamp. Maka akan muncul halaman instalasi Joomla, pilih bahasa dan klik next.
  • Kemudian akan terlihat halaman Pre Installation Check, klik next.
  • Halaman selanjutnya berisi license GNU GPL V2. GNU merupakan organisasi yang bertanggung jawab menangani masalah lisensi untuk Publik (GPL : General Public License). Klik Next.

  • Selanjutnya muncul konfigurasi database. Pada bagian Basic Setting lakukan pengisian sebagai berikut :

Host Name    : localhost
User Name    : root
Password      : kosongkan saja
Database Name: joomla159 (bisa diisi sembarang terserah anda).
Kemudian tekan next.

  • Abaikan halaman FTP Configuration, tekan next.
  • Selanjutnya anda masuk ke halaman Main Configuration. Isi nama Website anda, alamat email dan password. Ingat password inilah yang akan selalu dipakai untuk masuk ke kontrol panel saat instalasi Joomla telah selesai.

Kemudian klik install Sample Data, maka akan contoh isi dari website standard akan terinstal. Ini akan banyak membantu bagi yang baru belajar membuat website. Anda tinggal mengedit judul dan isi dari masing-masing modul maupun artikel.
Tunggu sampai box install Sample Data berubah menjadi Sample Data Installed Succesfully!

  • Setelah mengeklik next maka anda pun sampai ke halaman Finish.
  • Tapi jangan sampai lupa ada peringatan warna merah untuk menghapus folder installation yang ada di C:// XAMPP/htdocs/Joomla. 

Jika sudah dihapus, klik tombol Site pada pojok kanan atas, maka akan masuk ke halaman contoh standard dari joomla kita.  Tepatnya dengan address : http://localhost/Joomla .Untuk mengedit isi web yang ada, kita harus masuk ke control panel dengan mengeklik tombol Administrator pada box Resources. Atau tambahkan Administrator pada adress di browser anda. Menjadi http://localhost/Joomla/Administrator . Maka akan muncul halaman muka untuk memasukan username dan password.
Isi username : Admin dan Password : password yang anda isi saat installasi.Alhamdulillah, selesailah sudah proses instalasi dan anda siap ‘menguprek’ isi web anda sesuai dengan keinginan anda sendiri. Selamat berkarya.

comments (0)

Track comments via RSS 2.0 feed. Feel free to post the comment, or trackback from your web site.

Currently there are no comments related to article "Menginstal Joomla!". You have a special honor to be the first commenter. Thanks!

Leave a Comment