Cara Migrasi dari Joomla 1.5 ke Joomla 2.5 – Updated

Kita ketahui bersama, perkembangan Joomla begitu pesat. Berawal dari Joomla 1.0 sampai Joomla 1.5 yang bertahan cukup lama, dimulai dari Januari 2008 hingga akan berakhir pada April 2012. Setelah beberapa kali loncat upgrade dimulai 1.6 yang hanya bertahan dalam beberapa bulan, dilanjut versi 1.7 dan berakhir pada versi 2.5 yang sepertinya akan bertahan lama di versi ini, seperti pada versi sebelumnya 1.5.

Sebenarnya saya tidak begitu antusias untuk ikut-ikutan upgrade, karena versi 1.5 sebenarnya sudah cukup stabil, akan tetapi setelah mempertimbangkan cukup lama, terutama berakhirnya support untuk versi 1.5 pada April 2012 menjadikannya sebagai alasan yang kuat yang mau tidak mau harus dipenuhi.

Alhamdulillah, setelah 2 mingguan menyiapkan bahan dan literatur, pada hari ini Versi 2.5 My Little Notes dapat online. Meskipun tentu saja, masih banyak yang harus dibenahi terutama perbaikan link dan ekstensi pendukung lainnya.

Nah melalui tulisan ini, tiba saatnya bagi saya untuk berbagi kepada rekan pembaca semua bagaimana cara mudah untuk melakukan upgrade dari Joomla 1.5 ke Joomla 1.7 atau 2.5. Ikuti panduan singkat berikut…

Sebelum Melakukan Upgrade

Mungkin banyak timbul pertanyaan, apakah perlu melakukan upgrade dari Joomla 1.5 ke Joomla 2.5. Jawabannya relative: Jika anda tidak sedang bermasalah dengan Joomla anda dan banyak ekstensi yang belum mendukungnya, silakan pertahankan ‘paling tidak’ untuk 2-3 bulan ke depan. Sehingga pada saat itu mudah-mudahan ekstensi yang ditunggu seudah siap. Seperti pada paragraph di atas, support untuk Joomla 1.5 akan berakhir bulan April 2012.

Akan tetapi, jika anda memiliki waktu luang dan tidak ada masalah dengan ekstensi pendukungnya, silakan pertimbangkan dengan beberapa alasan berikut:

  1. Hukum alam berlaku, semakin telat kita mengikuti perkembangan teknologi, semakin susah kita akan menyesuaikan diri di kemudian hari, betapa banyak situs yang berbasis Joomla 1.0 sampai sekarang menjadi tidak menarik lagi karena sang admin menjadi malas untuk berkreasi.
  2. Perkembangan Joomla 1.5 ke Joomla 1.6 berlangsung selama 3 tahun dengan banyak masukan baik dari segi performance maupun security dari seluruh pakar Joomla di dunia, akankah kita tinggal diam dengan membiarkan begitu saja effort mereka? Yang pada akhirnya sampai ke versi 2.5 yang mempunyai fitur auto update layaknya wordpress yang begitu mudah dengan sekali klik, selain fitur lainya seperti: auto captcha di system, SEF yang lebih baik, fitur search index, pilihan untuk offline mode, memungkinkan penggunaan database untuk MySQL, Microsoft SQL Server dan Microsoft Azure, override bahasa yang lebih mudah, jika kita ingin mengedit kata ke dalam bahasa kita, ada user notes manager, link menu ke dalam module  jadi kita tahu module mana yang aktif di suatu page dan banyak kemudahan akses lainnya seperti untuk copy-paste di back end Joomla.
  3. Faktor security merupakan alas an ‘urgent’ lainnya, karena banyak pecundang di dunia maya yang selalu menjadi benalu di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Semakin up to date system kita, Insya Alloh semakin banyak support yang akan membantu dalam hal mengupdate Joomla kita.
  4. Support dari ribuan developer yang siap menyediakan ekstensi yang berkualitas baik yang free maupun berbayar.

Jika anda mengambil pilihan kedua, ikuti langkahnya berikut ini:

    1. Lakukan update Joomla anda yang sekarang, update terbaru saat ini adalah versi 1.5.25.
    2. Lakukan FULL BACK UP situs anda, baik file maupun Databasenya. Jika anda kesulitan, ada komponen gratisan yang mudah dan siap membantu anda. Silakan gunakan Akeeba backup  keterangannya ada di sini
    3. Siapkan seluruh ekstensi dan template yang kompatibel dengan Joomla 2.5, download dan simpan dalam satu folder untuk  mudahkan dalam pelaksanaan nantinya. Biasanya untuk ektensi yang kompatibel dengan Joomla 1.7 akan dapat digunakan Juga karena core keduanya sama.
    4. Download Jupgrade versi terbaru bisa anda dapatkan di sini. Tool inilah yang akan memudahkan kita melakukan upgrade.
    5. Cek apakah server kita memenuhi persyaratan minimal untuk JUpgrade dapat berfungsi, sesuai dengan pengumuman dari developernya, anda harus mengecek beberapa list berikut:
        PHP v5.2.4+ IIS/Windows: MySQL v5.1 – Linux/Apache: MySQL v5.0.4+
          Curl module of PHP enabled (

      Keterangannya ada di sini

        )
        Joomla 1.5
        Enable  System – Mootools Upgrade plugin that is included in Joomla 1.5.19 and greater.
        A Browser with Javascript/jQuery support

Khusus untuk plugin, bisa anda lakukan di control panel dari Plugin menu dan klik enable (menjadi warna hijau).

  1. Siapkan waktu yang tepat, bisa malam minggu (biar tidak mengganggu jam kerja), koneksi internet yang baik (jangan lakukan jika koneksinya sedang bermasalah).
  2. Segelas kopi panas dan pisang goreng Smile (optional).

Pelaksanaan Upgrade

Saya menyarankan jangan dilakukan upgrade pada situs yang sedang online, copy saja file dan database yang telah dibackup dan restore ditempat baru, misalnya buat subdomain seperti joom25.agussuwasono.com atau lakukan di offline server menggunakan WAMP atau XAMPP. Silakan pelajari di sini.

Instal Jupgrade seperti menginstal ekstensi biasa: Login ke Joomla backend. seperti www.yoursite.com/administrator >>  Extensions >> Install/Uninstall.
Browse >>Pilih com_jupgrade >> Upload File & Install

Enable Mootools Upgrade Plugin – Wajib!

  1. Arahkan ke Extensions | Plugin Manager
  2. Cari “System – Mootools Upgrade”
  3. Enable   plugin

Jika anda buka Configure Options maka akandijumpai setingan berikut:

Global:
•    Distribution – Pilih  migrasi Joomla! 1.6, 1.7,2.5 atau Molajo
•    Prefix for old database – Awalan database sekarang
•    Prefix for new database – Awalan database yang diinginkan
Skips:
•    Skip checks – Skip pre-migration checks
•    Skip download – Skip downloading the package (Note: Anda harus menyiapkan installer Joomla 2.5 yang ditempatkan di folder /temp)
•    Skip decompress – Skip decompressing the downloaded package (Note: Harus punya package yang sudah didownload dan decompress ke_root/jupgrade jika pilih Yes)
Templates:
•    Keep original positions – Jaga posisi module yang sekarang
Debug:
•    Enable Debug – Enable jika ada masalah yang timbul.
Catatan:  Sebaiknya jangan ubah prefix database yang baru, biarkan apa adanya karena berdasarkan pengalaman saya, timbul error yang malah bikin pusing.

Setelah semua siap, lakukan upgrade dengan mengarahkan kursor ke Components >> jUpgrade kemudian klik Start Upgrade.

Jika semuanya berjalan normal, maka akan muncul proses seperti berikut ini:

Jika di klik link site, maka akan muncul situs joomla 2.5 yang tampak masih original. Jangan kaget karena dari sinilah proses awal ‘utak-atik’ dimulai.

Jika Timbul Masalah

Karya manusia memang tidak ada yang sempurna, pengalaman saya sendiri saat semangat akan mengupgrade ternyata tidak semulus yang direncanakan. Jika anda menjumpai tampilan yang banyak gambar progress seperti pada gambar di atas dan saat di klik tombol upgrade tidak ada respon, alamat ia bermasalah. Tetapi jika anda menjumpai tampilan yang hanya satu gambar seperti gambar sebelum gambar di atas, Insya Alloh Jupgrade siap digunakan.

Setelah mencari akar masalah yang ada, berdasarkan browsing di forum, maka disimpulkan terdapat konflik antara mootools yang dipakai Jupgrade (setelah mengaktifkan mtupgrade) dengan ekstensi lain seperti Rokbox atau lainnya  sebagai berikut:

  1. Coba non-aktifkan dahulu plugin yang lain, toh tidak dipakai juga untuk saat itu karena kita menggunakan file backup.
  2. Ubah posisi System – Mootools Upgrade di urutan no. 1 pada deretan plugin system.
  3. Jika masih juga belum mempan, lakukan upgrade plugin mtupgrade dengan menguninstalnya kemudian install mootools terbaru yang dapat anda download di sini.
  4. Jika masih belum bisa juga, coba gunakan Jupgrade versi beta, akan tetapi versi ini hanya mengupgrade ke Joomla 1.7. Hal ini tidak masalah, karena upgrade 1.7 ke 2.5 sangat mudah, hanya sekali klik saja di back end Joomla. Jupgrade terbaru ada di sini…

Jika masih belum berhasil juga, silakan diskusi di froum atau gunakan alternative komponen lain dengan SP ugrade, tetapi anda hrus membayar 25 Euro silakan download di sini.

Jika Upgrade Berhasil

Mohon diingat, bahwa JUpgrade hanya menguupgrade Joomla core file, maka file ekstensi lain harus anda copy atau install sendiri. File ini ada di rootjoomla/Jupgrade atau seperti www.yoursite.com/jupgrade/ dan www.yoursite.com/jupgrade/administrator/

Selanjutnya yang harus anda lakukan:

  • Backup file (Jika anda merasa perlu)
  • Delete seluruh file yang ada di root Joomla kecuali folder Jupgrade.
  • Pindahkan seluruh file yang ada di folder Jupgrade ke root direktori Joomla anda.
  • Cek database anda di php myadmin ada banyak data yang berprefix j17_  dan jos_ . Maka yang anda gunakan sekarang adalah yang berprefik j17_   dan anda bisa menghapus yang berprefix jos_ karena file database ini milik Joomla 1.5. Hati-hati jangan salah pilih, kalo perlu dibackup terlebih dahulu.

Mengupdate Situs yang baru

Hal ini perlu pembahasan yang panjang, hanya yang perlu diperhatikan stepnya antara lain:

  1. Perbaiki database dengan masuk ke control panel >> Extensions>>extension manager>>Database>>Klik tombol Fix di pojok kanan atas, maka database system baru akan diperbaiki.
  2. Memperbaiki menu, karena banyak yang kategori id nya berubah, missal menu yang tadinya artikel bisa nyasar ke download. Namun hal ini bukan masalah besar, karena mudah untuk diatasi.
  3. Jika sudah selesai memperbaiki menu, klik tombol rebuild pada pojok kanan atas, agar link yang rusak segera diperbaharui. Jika tidak, maka aka nada peringatan error pada saat anda mengupdate artikel.
  4. Lakukan penginstalan template, komponen, module dan plugin yang telah disiapkan sebelumnya. Jika oke semua, lakukan pemindahan file dan database ke situs online anda.

Selamat mencoba!

Sumber utama:

  1. Joomla DocsDiskusi
  2. Forum Jupgrade.

comments (0)

Track comments via RSS 2.0 feed. Feel free to post the comment, or trackback from your web site.

Currently there are no comments related to article "Cara Migrasi dari Joomla 1.5 ke Joomla 2.5 – Updated". You have a special honor to be the first commenter. Thanks!

Leave a Comment