Banner Flash Pada Web Joomla

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan guna memasang Flash Banner (atau bisa juga di module samping kiri/kanan sesuai dengan yang kita inginkan) di situs berbasis Joomla , diantaranya adalah :

  • Memilih template yang sesuai
  • Menginstal module flash yang dapat anda download di
  • Membuat File Flash yang diperlukan disesuaikan dengan template yang anda pakai atau dimana file flash teresbut akan diletakkan.
  • Memilih Template Yang sesuai

Tampilan atau template Joomla mempunyai beberapa penempatan module (module positioning) yang ada, mulai dari module top, banner, user 1 user2, user3, left, right, breadcumb dan sebagainya. Dari ribuan template yang ada masing masing mempunyai penampatan module yang berbeda, misal ada template tertentu yang hanya mempunyai penempatan left tanpa right dan sebaliknya.

Jiak kita bermaksud memasang sebuah file animasi Flash di dalam sebuah web berbasis Joomla maka kita harus mencari template yang mempunyai penempatan module di tempat yang kita inginkan. Misal dalam hal ini saya mepergunakan template colourfull world. Disini tepat di bagian atas / header web terdapat penempatan module top. Nantinya di sinilah kita akan meletakkan file flash kita. Anda bisa bereksplorasi mengginakan template yang lain sesuai dengan yang anda inginkan.

  • Menginstall module flash

Setelah menemukan template yang tepat kita harus terlebih dahulu menginstall module flash yang dapat kita download dari sini extention.joomla.org. setelah itu masuk ke module manager di web  kita dan kita pilih module position yang sesuai. Seperti contoh diatas kita menggunakan module position top.

  • Membuat File Flash

Setelah template yang diinginkan terpilih dan module flash sudah terpasang, maka kita harus membuat file flash yang akan kita tampilkan, pembuatan file flash ini pun juga harus menyesuaikan panjang dan tinggi dari template yang kita pakai, misal dengan contoh diatas dengan template colourful world, maka kita harus menyesuaikan panjang dan tinggi header background bawaan template ini. Setelah file flash siap kita save dengan nama tertentu misal banner.swf .

Ada banyak software mulai dari yang kecil sampai dengan yang berukuran besar yang bisa kita gunakan untuk membuat file Flash, siantaranya adalah Macromedia Flash, Adobe Flash, SwissMax serta program program kecil yang dapat kita cari di internet.

Setelah ketiga langkah tersebut selesai ada beberapa hal laagi yang harus kita lakukan yaitu kita masuj ke media manager. Disini kita membuat sebuah folder baru dengan nama flash, setalah folder jadi kita akan mengupload  fiel flash tersebut ke folder ini. Kemudian kita kembali ke module manager dan pilih flash module,pada bagian file name kita isikan file flash yang kita inginkan untuk tampil., misal banner.swf lengap dengan ekstensi file flash yaitu swf

Lalu kita sudah bisa  melihat apakah sudah sesuai dengan keinginan kita, baik dari segi ukuran, komposisi dan sebagaina. Jika belum kita bisa membuat lagi file flash yang baru atau mencari template yang baru yang support dengan module flash.

Semalat mencoba ya mas dab…. 🙂

comments (0)

Track comments via RSS 2.0 feed. Feel free to post the comment, or trackback from your web site.

Currently there are no comments related to article "Banner Flash Pada Web Joomla". You have a special honor to be the first commenter. Thanks!

Leave a Comment